Postingan

CEK FAKTA: TC Timnas Indonesia Dibubarkan & Batal Ikut Piala Asia, Internal PSSI Buat AFC Marah Besar?

CEK FAKTA: TC Timnas Indonesia Dibubarkan & Batal Ikut Piala Asia, Internal PSSI Buat AFC Marah Besar?
CEK FAKTA: TC Timnas Indonesia Dibubarkan & Batal Ikut Piala Asia, Internal PSSI Buat AFC Marah Besar? (youtube Kreator Bola)

Baru saja viral di media sosial, beredar kabar timnas Indonesia U20 yang kini sedang melakukan pemusatan latihan (TC) dibubarkan.

Tidak hanya itu, bahkan disebutkan Timnas dicoret dari turnamen piala Asiayang akan digelar di Uzbekistan pada bulan Maret nanti.

Itu tidak terlepas dari sikap dari internal PSSI yang membuat AFC marah hingga mencoret skuad garuda dari daftar peserta. 

Hal tersebut disampaikan di sampul dan thumbnail sebuah video youtube baru-baru ini.


Video yang diunggah kanal youtube Kreator Bola dengan judul 'BATAL IKUT PIALA ASIA!! TC TIMNAS DIBUBARKAN | INTERNAL PSSI BUAT AFC MARAH BESAR' hingga berita ini ditulis sudah ditonton sebanyak lebih dari 4,9 ribu kali.

Berita yang tayang pada (4/2) dan berdurasi 3 menit 52 detik itu juga menyebut di cover video bahwa AFC telah mencoret Indonesia.

Akan tetapi patut dipertanyakan apakah hal tersebut benar?

CEK FAKTA

Dari penelusuran Suara Denpasar kabar tersebut sangat diragukan kebenarannya. Tidak ada bukti valid yang menyampaikan bahwa TC Timnas Indonesia dibubarkan.


Judul dengan isi yang dijelaskan dalam video juga tidak bersesuaian.

Dimana dalam isi video yang dijelaskan sendiri oleh narator menyebut bahwa ada banyak turnamen yang bakal diikuti Timnas, sementara dalam TC tak semua pemain dapat berkumpul hingga berangkatnya Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan ke Eropa juga turut disinggung.

"Indonesia memang memiliki beberapa kegiatan besar, ajang Piala Dunia U20, kemudian untuk bulan Maret nanti Indonesia akan melakoni Piala Asia serta FIFA Match Day. Shin Tae-yong selaku kepala Timnas Indonesia ternyata dibuat kebingungan," terang sang narator.


Dalam video tersebut sama sekali tidak dijelaskan dibubarkannya TC hingga membuat AFC marah besar seperti yang disampaikan di judul.

Fakta sebenarnya, terpantau dari instagram resmi PSSI terlihat skuad Timnas masih menjalani latihan/TC.

Dalam tampilan video salah satunya juga ditampilkan saat Shin Tae yong memimpin latihan Timnas senior di Bali jelang Piala AFF November lalu. Sementara itu di sampul video bukanlah pemain Timnas U20 yang berpamitan, melainkan skuad asuhan Shin Tae yong yang baru saja selesai melakoni Piala AFF 2020 di Singapura lalu.

Hal lain yang memperkuat kabar hoax TC Timnas U20 bubar ialah PSSI sudah menyiapkan Brandon Scheunemann CS untuk melakoni laga uji coba jelang Piala Asia. Ini berarti keseriusan federasi menatap turnamen akbar di benua asia level kelompok umur tersebut, tidak ada kisruh hingga membuat AFC marah seperti yang dituliskan pada judul video.

Jadi dapat dikatakan judul video itu adalah hoax dan tidak sesuai dengan fakta dan isi video.***


denpasar.suara.com

Posting Komentar

© Inpost. All rights reserved. Premium By Raushan Design