Hasilnya, Timnas Indonesia U16 masuk ke dalam grup neraka Piala Asia 2020, bersama Arab Saudi, Jepang, dan China.

Hasil itu diketahui setelah AFC melakukan drawing atau undian grup Piala Asia U16 di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Kamis (18/6/2020) siang.

piala Asia U16 adalah jalur bagi 16 kontestan untuk bisa tampil di Piala Dunia U17 pada tahun mendatang.Namun dengan syarat, harus bisa tembus empat besar atau babak semifinal Piala Asia U16 yang akan berlangsung pada November mendatang di Bahrain.

Pelatih Timnas Indonesia U16, Bima Sakti sudah menyiapkan materi latihan untuk skuat Garuda Muda.

Terlebih di saat Indonesia saat ini memasuki fase new normal.


Sebelum itu, skuat Garuda Muda terpaksa menggelar latihan secara virtual lantaran pandemi corona yang tidak memperbolehkan kerumunan.


Terakhir kali Timnas Indonesia U16 menggelar training camp atau pemusatan latihan pada 8-16 Maret lalu di Stadion Patriot Chandrabhaga.

Bima Sakti tak sabar bertemu dengan anak asuhnya untuk menggelar latihan secara langsung.

Saat ini, dirinya mengaku tengah menunggu kepastian pemerintah atau PSSI soal menggelar pemusatan latihan secara langsung.

"Kami sebenarnya mau TC ketemu langsung, latihan seperti biasa dengan protokol kesehatan dan koordinasi dengan dokter timnas," ucap Bima Sakti dikutip dari BolaSport.com.

"Sebenarnya sudah disiapkan semua dan tapi kemungkinan kami menunggu sinyal dari pemerintah dan PSSI untuk melatih TC normal seperti biasa," lanjutnya.

Timnas Indonesia U-16 menang 8-0 atas Timnas U-16 Filipina di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo Minggu (29/7/2018). Yuk simak taktik jitu dari Bima Sakti untuk Garuda Muda nanti malam (Surya/Sugiharto)

Bulan Juni awalnya Bima sakti telah merencanakan agenda untuk menggelar latihan, namun kemungkinan itu tampaknya bakal mundur pada Juli mendatang menunggu keputusan pemangku kebijakan.

"Kemungkinan TC bulan ini (Juni) akan ditunda untuk pelaksanaan TC," tutur pelatih asal Balikpapan tersebut saat Sport Talk bersama BolaSport.com beberapa waktu lalu.

Bima Sakti menegaskan sudah memiliki materi pelatihan saat fase new normal nanti diterapkan. Ia akan membagi skuat Garuda Muda ke dalam beberapa kelompok kecil.


"Mungkin latihannya akan disusun sedemikian rupa, mungkin dengan sistem sirkuit training.

"Dibagi menjadi grup dan tidak terlalu banyak dan bikin pos-pos yang latihan beda-beda. Ya semuanya harus juga untuk disiplin untuk kesehatan masing-masing," tambah mantan pemain Gresik United ini.

Selain itu, Bima Sakti juga mengaku berkonsultasi dengan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mencarikan solusi terbaik untuk skuat Garuda Muda.

Rencananya, Timnas Indonesia U16 juga akan melakukan beberapa laga uji coba sebagai bentuk persiapan tim.

"Rencananya di bulan Juli kami adakan uji coba juga, internal dulu. Lalu mungkin ada tim luar juga nantinya," papar Bima Sakti.

Mantan penggawa Timnas Indonesia ini mengaku, mau tidak mau, Agustus mendatang Timnas Indonesia U16 harus melakukan uji coba internasional atau bahkan mengikuti turnamen.

Bima Sakti memberikan keterangan kepada awak media secara virtual terkait perkembangan pemusatan latihan Timnas U-16 Indonesia (TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne)

"Bulan Agustus ini otomatis kami harus mengikuti turnamen atau uji coba internasional, karena tanggal 18 Juni kami sudah tahu jadwal dan tim lawan lewat pembagian grup. Harusnya kan September kami sudah mulai (Piala Asia) tapi ini diundur," ujarnya, Selasa (16/6/2020).

Piala AFC U16 2020 akan dimainkan pada 25 November hingga 12 Desember 2020.

Empat tim yang berhasil melaju ke babak semifinal akan lolos ke Piala Dunia U17 yang akan berlangsung di Peru.

Piala Asia AFC U-16

Grup A

- Bahrain
- Korea Utara
- Iran
- Qatar

Grup B

- Tajikistan
- Oman
- Yaman
- UAE

Grup C

- Korea Selatan
- India
- Australia
- Uzbekistan

Grup D

- Indonesia
- Arab Saudi
- China
- Jepang


bogor.tribunnews.com