Postingan

Calon Pengganti Shin Tae-yong di Timnas Indonesia tahun depan

PSSI membuka peluang untuk menggantikan Shin Tae-yong dengan pelatih lain untuk memimpin skuad timnas U-23 Indonesia di SEA Games 2023.

Pasalnya agenda 2023 mendatang sangat padat bila pelatih asal Korea Selatan itu harus memimpin 3 kelompok umur timnas Indonesia.

Agenda 2023 dibuka dengan ajang Piala AFF 2022 yang masih bergulir hingga 16 Januari 2023 (final).

Lalu Shin Tae-yong dituntut memimpin timnas U-20 Indonesia yang akan berlaga di Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan pada 1-18 Maret 2023.

RasimanAda pula SEA Games 2023, dimana Shin Tae-yong juga akan memimpin timnas U-23 Indonesia pada bulan Mei di Kamboja.

Lalu Shin harus berlanjut memimpin timnas U-20 Indonesia di Piala Dunia U-20 2023, Piala Asia 2023 hingga Asian Games berturut-turut.

Untuk itu, PSSI berencana menunjuk pelatih baru yang kemungkinan untuk timnas U-23 Indonesia yang berlaga di SEA Games 2023.

Hal ini diungkapkan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan dalam konferensi pers pasca-laga Indonesia Vs Curacao di Stadion Pakansari, Bogor pada Selasa (27/9/2022).

"Iya tahun depan padat, ada SEA Games Mei juga kemudian ada Piala Dunia U-20, nah nanti kita diskusikan," kata Mochamad Iriawan.

"Pasti ada pelatih pengganti (Shin Tae-yong). Karena hanya tiga hari beda Piala Dunia (U-20) dengan SEA Games," tambahnya.

Meski membuka peluang untuk mengganti Shin Tae-yong, namun Mochamad Iriawan mengaku hal itu dilakukan berdasarkan keputusan pelatih asal Korea Selatan itu.


Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kanan) dan sang penerjemah bernama Jeong Seok-seo (kanan) sedang berdiskusi dengan Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, 27 September 2022.Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong (kanan) dan sang penerjemah bernama Jeong Seok-seo (kanan) sedang berdiskusi dengan Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, 27 September 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM)

"Kita akan umumkan siapa penggantinya nanti," kata Mochamad Iriawan.

"Tetapi dengan seijin dari pelatih kepala (Shin Tae-yong)," tambahnya.

BolaSport.com memahami setidaknya ada dua kandidat kuat pengganti Shin Tae-yong untuk memimpin timnas U-23 Indonesia.

Dzenan Radoncic

Yang pertama, adalah Dzenan Radoncic yang saat ini berstatus sebagai asisten Shin Tae-yong.

Radoncic ditunjuk pada Oktober 2021 lalu untuk memfokuskan melatih teknik pemain timnas Indonesia.

Pria asal Montenegro itu pada Juni 2022 lalu ditunjuk Shin Tae-yong menukangi timnas U-19 Indonesia di Toulon Cup 2022.


Asisten pelatih timnas U-19 Indonesia, Dzenan Radoncic, sedang memantau para pemainnya di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, 2 Maret 2022.Asisten pelatih timnas U-19 Indonesia, Dzenan Radoncic, sedang memantau para pemainnya di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, 2 Maret 2022. (MUHAMMAD ALIF AZIZ MARDIANSYAH/BOLASPORT.COM )

Ia juga memiliki kedekatan personal dengan Shin Tae-yong sejak jadi pemain.

Dengan modal tersebut, bukan tidak mungkin Dzenan Radoncic ditunjuk PSSI (dengan persetujuan Shin Tae-yong) untuk memimpin timnas U-23 Indonesia di SEA Games 2023.

Jeon Kyung-jun

Kandidat kedua adalah eks pelatih Jeonnam Dragons Jeon Kyung-jun.

Kabar Jeon Kyung-jun akan diditunjuk untuk membantu Shin Tae-yong di timnas Indonesia muncul pada Juni 2022 lalu.

Saat itu, PSSI menilai Shin Tae-yong keteteran menangani 3 timnas kelompok umur sekaligus.

Akan tetapi pada akhirnya, Shin Tae-yong sendiri yang ingin menangani timnas U-19, timnas U-23 dan timnas Indonesia senior.


Alhasil rumor mengenai Jeon Kyung-jun menguap.

Jurnalis Korea Selatan, Steve Han kala itu menyarankan timnas Indonesia merekrut eks pelatih Jeonnam Dragons, Jeon Kyung-jun demi membantu tugas Shin Tae-yong.

Steve Han menilai Jeon Kyung-jun merupakan sosok yang tepat untuk membantu timnas Indonesia karena ia merupakan asisten Shin Tae-yong saat menukangi timnas Korsel di Piala Dunia 2018.

"Potensi kabar besar buat Indonesia, Jeon Kyung-jun punya peranbesar saat jadi asisten Shin Tae-yong," tulisnya di twitter.

"Dia jadi bagian besar staf teknik saat Korea menang atas Jerman."

"Indonesia sebaiknya menekan reuni Shin-Jeon," tambahnya.

Jeon Kyung-jun melepas jabatannya sebagai pelatih Jeonnam Dragons pada Minggu (5/6/2022).

Hingga saat ini ia belum mendapatkan tim baru.

 

Posting Komentar

© Inpost. All rights reserved. Premium By Raushan Design