Pasalnya, meladeni Filipina, pelatih Shin Tae-yong ternyata banyak menurunkan pemain yang berbeda pada starting XI  timnas U19 Indonesia dari tiga pertandingan sebelumnya.

Shin Tae-yong diketahui hanya mempertahankan dua pemain inti di timnas U19 Indonesia yakni, kiper Cahya Supriadi dan Muhammad Ferrari.



Sembilan pemain lainnya adalah pemain yang kerap duduk di bangku cadangan.

Namun, berkat tangan dingin Shin Tae-yong, Garuda Muda Nusantara justru tampil lebih bertaji dan menang 5-1 melawan Filipina pada matchday keempat di Stadion Patriot, Bekasi.

“Saya ikut mendengarkan saat STY menentukan 11 pemain yang akan diturunkan melawan Filipina. Awalnya saya sedikit gelisah, tetapi kegelisahan saya terobati. 11 pemain itu dan pemain pengganti lainnya justru bermain menggila,” ujar Mochamad Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI.


Kini, pasukan Shin Tae-yong membuka asa untuk bisa lolos ke babak Semifinal Piala AFF U19 2022.

Namun, mereka harus menuntaskan laga besok (Minggu 10 Juli 2022 red) antara Timnas U19 Indonesia vs Myanmar dengan raihan tiga poin.

Skuad Timnas Indonesia U-19 saat lawan Filipina pada 8 Juli 2022. (PSSI)

Iriawan pun meminta seluruh pemain tetap fokus dan menuntaskan pertandingan di fase grup dengan kemenangan saat melawan Myanmar besok.

 “ Tidak ada cara lain. Kita harus menang. Tunjukkan kita bisa. Saya minta doa dan dukungan semua warga negara Indonesia,”  kata Iriawan.


Di sisi lain, pelatih Shin Tae-yong membeberkan kunci kemenangan Timnas U19 Indonesia kontra Filipina karena para pemainnya tampil maksimal dan mau bekerja keras.

  “Memang Marselino Ferdinan tidak akan bisa main untuk turnamen kali ini karena cedera, jadi saya berusaha mengubah mental pemain agar para pemain mengorbankan diri. Para pemain pastinya berusaha dan tahu juga di tim kita sudah mulai menjadi satu," beber Shin Tae-yong. 

Timnas U19 Indonesia saat ini mengantongi 8 poin dari dua kali kemenangan dan dua kali hasil seri dan menempati peringkat ketiga dalam klasemen Grup A Piala Presiden 2022.

Sementara Vietnam dan Thailand sama-sama mengoleksi 10 poin, namun lebih produktif Vietnam soal selisih gol.

Kondisi Marselino

Dikutip Tribun Bali dari laman resmi PSSI, berdasarkan hasil Magnetic Resonance Imaging (MRI) dari rumah sakit menyatakan playmaker milik Persebaya Surabaya mengalami cedera serius.

"Iya setelah menjalani pemeriksaan MRI kemarin dan hasilnya Marselino mengalami ruptur partial ototnya cukup dalam dengan panjang 10 sentimeter dan lebar 1,7 sentimeter,” ujar dokter Syarif Alwi Head of Medical PSSI, Jumat 1 Juli 2022.

Dokter Syarif Alwi, menuturkan, Marselino Ferdinan akan melakukan masa pemulihan kondisi setidaknya 1 sampai 2 bulan ke depan.

“Ini akan membutuhkan waktu sembuh sekitar 1-2 bulan," katanya.

Sementara, Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, menyatakan terkait cedera yang dialami Marselino Ferdinan pihaknya berkomitmen penuh untuk kesembuhan pemain.

Apalagi pada September tahun ini, Indonesia kembali dihadapkan pada agenda penting lainnya yakni Kualifikasi Piala AFC U-20 2023.   

"Sudah menjadi kewajiban dan komitmen PSSI untuk menanggung semua biaya pengobatan Marselino hingga sembuh. Insya Allah dia cepat sembuh apalagi masih berusia muda dan punya semangat untuk bermain kembali," kata Yunus Nusi. (Ady/Tribun Bali)

bali.tribunnews.com