Postingan

Ini Kata Menpora dan Ketum PSSI soal Update Training Centre Timnas Indonesia

Ini Kata Menpora dan Ketum PSSI soal Update Training Centre Timnas Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan arahan kepada pemain Timnas U-19 saat memimpin latihan di Stadion Madya, Kompeks Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (21/6/2022). Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO

Timnas Indonesia belum memiliki training centre yang permanen. Skuad ‘Garuda’ kerap kali berpindah tempat untuk menjalani training centre. Teranyar, nantinya timnas akan menggunakan fasilitas yang terdapat di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) sebagai training centre sementara.

ADVERTISEMENT

Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga serta PSSI memang tengah menggodok rencana pembangunan training centre permanen untuk timnas. Menpora Zainudin Amali menuturkan bahwa hal tersebut membutuhkan waktu.

"Memang ini jadi kebutuhan kami, karena akan beda jika punya training centre sendiri bila dibandingkan dengan training centre yang tidak tetap, atau pindah-pindah," kata Menpora Zainudin Amali di Stadion Patriot Candrabhaga, Rabu (6/7).

"Memang kita akan menuju ke tempat training centre yang permanen, tapi sebelum ke sana karena memang membangun dan menyiapkan prasarana fisik itu butuh waktu," imbuhnya.

Ini Kata Menpora dan Ketum PSSI soal Update Training Centre Timnas Indonesia (1)
Ketum PSSI Mochamad Iriawan dan Menpora Zainudin Amali jelang pertandingan Piala AFF U-19. Foto: Soni Insan Bagus/kumparan

Baik Menpora dan PSSI menilai bahwa fasilitas yang dimiliki UPI sebagai training centre sementara timnas telah cukup memadai. Namun, ada bagian yang memang perlu diperbaiki. Menpora mengungkapkan bahwa pelatih Timnas Indonesia, Shi Tae-yong, telah meminta rumput lapangan untuk diperbaiki.

ADVERTISEMENT

"Untuk sementara PSSI sudah dapatkan tawaran untuk training centre di UPI Bandung. Ketum [PSSI] sudah datang ke sana, cukup memadai lapangannya. Laboratorium sport science ada, gym ada. Fasilitas lain juga. Yang paling penting ada hotel yang bisa jadi tempat mereka menginap milik UPI sendiri," tutur Menpora.

"Saya tanyakan ke Shin Tae-yong, dia oke tinggal ada beberapa yang diperbaiki, terutama soal rumput. Ketum sudah ketemu rektor jadi sementara kami di situ. Mereka akan mempercepat renovasi pembenahan," lanjutnya.

"Ya sebelum TC permanen, tentu sekali lagi pemerintah bantu PSSI mencarikan solusi di UPI Bandung. Menpora bahkan sudah dua kali ke sana, saya juga sama. Jadi saya sampaikan, cukup lengkap lapangan bola UPI, depannya ada kolam renang, sport science, medical center, gym, jogging track. Sehingga rencana kami untuk TC sementara yang bisa dipakai anak-anak," sahut Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Ini Kata Menpora dan Ketum PSSI soal Update Training Centre Timnas Indonesia (2)
Selebrasi pemain Timnas Indonesia usai mencetak gol ke gawang Timnas Nepal pada pertandingan Pra-Piala Asia 2023 di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Rabu (15/6/2022). Foto: Humas PSSI/ANTARA FOTO

Persoalan training centre memang menyorot perhatian publik sepak bola belakangan ini. Beberapa waktu lalu, Shin Tae-yong harus memindahkan latihan Timnas Indonesia ke hotel karena lapangan Stadion Madya sudah di-booking pihak lain.


kumparan.com

Posting Komentar

© Inpost. All rights reserved. Premium By Raushan Design