Postingan

Bawa Ansan Greeners Bangkit, Asnawi Mangkualam Dipuji Media Korsel

Kemenangan 1-0 diraih Ansan ketika bertandang ke markas Busan iPark pada Senin (18/7/2022). Pada laga tersebut, Asnawi tampil cukup baik selama lebih dari 90 menit meski sempat mendapat kartu kuning pada awal pertandingan.


Kartu kuning itu didapat Asnawi saat laga baru berumur 7 menit. Bahkan, Ansan pun harus mengakhiri laga dengan 10 orang akibat kartu merah yang didapat KIm Min-go pada injury time babak kedua. Meski begitu, gol tunggal Kwon Yong-ho pada menit ke-83 sudah cukup menghadirkan 3 angka untuk tim tamu.

Asnawi Mangkualam, Busan iPark vs Ansan Greeners, K League 2 (1) - KLeague
KLeague

Bagi Ansan, kemenangan ini bak mata air di tengah gurun lantaran empat laga sebelumnya selalu menderita hasil negatif. Bahkan, tiga kekalahan berutun sebelumnya, masing-masing dari Chingnam Asan, FC Anyang, Daejeon Hana Citizen, memaksa pelatih Jo MIn-guk mundur dari jabatannya.


Pengunduran diri Min-guk membuat Ansan menunjuk Lim Jong-heon sebagai pelatih karteker jelang laga melawan Bucheon FC 1995 pada Sabtu (9/7/2022). Meski akhirnya harus menelan kekalahan beruntun keempat dari Bucheon, penampilan Ansan dinilai jauh membaik.

Perubahan formasi yang diterapkan Jong-heon dinilai berhasil. Dia mengubah formasi 4-2-3-1 yang sebelumnya cukup sering dipakai Min-guk, kembali ke-3-4-3. Salah satu media Korea Selatan, Sportal Korea, menyebut, tiga tembok pertahanan Ansan, Kwon Young-ho, Kim Min-ho, dan Jang Yu-seop, tampil lebih solid.

Asnawi Mangkualam, Busan iPark vs Ansan Greeners, K League 2 (2) - KLeague
KLeague

Asnawi Mangkualam Kembali ke Posisi Terbaik


Namun, yang paling disorot Sportal Korea adalah kembalinya Asnawi Mangkualam ke posisi idealnya. Mantan pemain PSM Makassar itu juga memberi kontribusi untuk lahirnya gol Ansan melalui titik penalti.

“Kembalinya Asnawi ke posisi wing-back menjadi perubahan besar. Asnawi aktif bermain sebagai winger dan full-back. Setelah kembali dari SEA Games bersama tim nasional, waktu bermainnya mulai meningkat. Asnawi, yang jadi starter melawan Bucheon, memainkan peran penting selama 66 menit di lapangan. Dia memberikan tim hadiah penalti berkat umpan silangnya. Sangat layak menantikan performanya melawan Busan,” seperti dikutip Football5star dari Sportal Korea.

Asnawi Mangkualam Disingkirkan Lagi
Ansan Greeners

Benar saja, Asnawi diturunkan penuh selama lebih dari 90 menit pada laga melawan Busan iPark di posisi wing-back kanan. Salah satu situs penyedia data olahraga, Sofascore, memberi rating 6,9 untuk penampilan Asnawi. Andai tak mendapat kartu kuning pada awal laga, poinnya mungkin lebih tinggi.

Selama pertandingan, Asnawi mangkualammencatat statistik cukup baik. Catatannya antara lain 52 sentuhan, 76 persen akurasi umpan, 1 umpan kunci, 1 tembakan, 4 clearances, 4 interceptions, serta 1 tackle sukses.

Paling penting, berkat kemenangan atas Busan iPark, Asnawi membantu Ansan Greeners meninggalkan dasar klasemen K League 2. Ansan naik ke urutan ke-10 dengan 20 poin dari 25 laga, sekaligus menggusur Busan ke dasar dengan keunggulan 2 angka.

Posting Komentar

© Inpost. All rights reserved. Premium By Raushan Design