Postingan

5 Tim Calon Rival Timnas Indonesia jika Pindah ke EAFF, Nomor 1 Raja EAFF Football Championship

5 Tim Calon Rival Timnas Indonesia jika Pindah ke EAFF. (Foto: PSSI)

5 tim calon rival Timnas Indonesia jika pindah ke EAFF menarik untuk diketahui. Seperti yang terdengar akhir-akhir ini, banyak pencinta sepakbola Tanah Air yang mendesak PSSI agar Timnas Indonesia keluar dari Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF).

Alasannya karena banyak pihak yang kecewa dengan AFF yang membiarkan adanya kecurangan di Piala AFF U-19 2022 hingga merugikan Timnas Indonesia U-19 karena gagal lolos ke semifinal. Dengan persaingan yang mulai tak sehat itu, Timnas Indonesia pun disarankan bergabung dengan Federasi Sepakbola Asia Timur (EAFF).

Lantas jika wacana tersebut benar-benar terjadi, maka negara mana saja yang akan menjadi rival Timnas Indonesia?

Berikut 5 Tim Calon Rival Timnas Indonesia jika Pindah ke EAFF:

5. Hong Kong

Timnas Hong Kong akan menjadi salah satu rival Timnas Indonesia jika bergabung ke EAFF. Dari 10 anggota EAFF, Hong Kong bisa dikatakan masuk ke dalam lima tim terkuat di federasi tersebut.

Pada ajang EAFF Football Championship, Hong Kong sudah tiga kali masuk ke semifinal dan harus puas selalu menempati peringkat keempat.

4. Korea Utara

Sama seperti Hong Kong, Timnas Korea Utara (Korut) juga sudah empat kali melaju sampai ke semifinal EAFF Football Championship. Hal itu membuktikan bahwa Timnas Korut mampu bersaing untuk memperebutkan gelar juara.

Dengan permainan Timnas Korut yang terus berkembang, mereka jelas bisa menjadi salah satu rival skuad Garuda jika benar-benar bergabung dengan EAFF.

3. China

China adalah salah satu tiga tim besar di EAFF. Terbukti pada ajang EAFF Football Championship, Timnas China tercatat sudah dua kali keluar sebagai juara, tepatnya pada edisi 2005 dan 2010.

Secara peringkat FIFA, yakni posisi 78 dunia, China menjadi tim terbaik ketiga di EAFF. Bila melihat secara peringkat, maka China bisa dikatakan jauh lebih kuat ketimbang Timnas Indonesia. Namun, itu justru bagus karena bisa membantu skuad Garuda terus berkembang.

2. Jepang

Jepang berstatus tim dengan peringkat FIFA terbaik di EAFF, yakni berada di urutan 24 dunia. Jepang merupakan tim dari Asia yang bisa dikatakan langganan masuk ke Piala Dunia.

Andai bisa berkesempatan terus berkompetisi melawan Jepang di EAFF Football Championship, maka kualitas Timnas Indonesia mungkin bisa terus berkembang. Namun, jika membahas EAFF Football Championship, Jepang sejatinya baru menang satu kali, yakni pada edisi 2013.

1. Korea Selatan

Korea Selatan (Korsel) merupakan tim tersukses di ajang EAFF Football Championship. Bagaimana tidak, dari delapan edisi yang sudah dimainkan, Timnas Korsel sanggup lima kali keluar sebagai pemenang (2003, 2008, 2015, 2017, 2019).

Kualitas sepakbola Korsel memang sudah tak diragukan lagi sekarang ini. Banyak pemain mereka yang bersinar di sepakbola Eropa. Tentunya Timnas Indonesia bisa menjadikan Korsel sebagai rival baru jika PSSI benar-benar gabung dengan EAFF.


bola.okezone.com

Posting Komentar

© Inpost. All rights reserved. Premium By Raushan Design