Postingan

Turun Kelas ke Timnas U-19, Bung Towel Khawatir STY Kena 'Jebakan Batman' PSSI

Direktur Madura United Haruna Soemitro, Ketum PSSI Mochamad Iriawan, dan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong

PSSI berencana untuk menurunkan mandat Shin Tae-yong, hanya akan menangani Timnas Indonesia U-19. Menurut Bung Towel, pelatih asal Korea Selatan itu bisa saja mundur.

Sebagaimana diketahui, beberapa waktu terakhir, PSSI menuai perhatian karena ada unggahan di media sosial yang kontroversi.

Pertama, PSSI mengklaim jika tokoh utama kemenangan Timnas Indonesia atas Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2022 adalah sang ketua umum, yakni Mochamad Iriawan.

Bahkan, dalam unggahan yang dirilis di laman resmi PBSI, tak sekali pun mereka menuliskan peran Shin Tae-yong, pelatih yang menukangi Timnas Indonesia saat ini.

Kedua, jelang laga Timnas Indonesia vs Yordania pada Kualifikasi Piala Asia 2022, PSSI mengatakan telah membuat voting.

Hasilnya, Shin Tae-yong akan melepas jabatannya di Timnas Indonesia senior, Timnas U-23, dan fokus ke Timnas U-19 yang akan main di Piala Dunia U-20 2023.

Salah satu pengamat sepak bola, Tommy Welly alias Bung Towel, mengemukakan pendapatnya. Menurutnya, PSSI mungkin sedang main aman untuk mendepak Shin.

"Kalau saya bilang, ini sebuah jebakan batman dari PSSI untuk Shin Tae-yong," ungkap Bung Towel di kanal Youtube-nya.

Muaranya, yakni kegagalan Shin Tae-yong meraih medali emas di Piala AFF 2022 lalu, dan kegagalan di SEA Games 2021 Hanoi.

Apalagi, setelah itu, Shin Tae-yong bicara soal training center dan batalnya latihan karena lapangan belum di-booking, yang membuat pihak PSSI merasa disudutkan.

Pelatih Timnas U-19, Shin Tae-yong. Foto: PSSI

STY Mundur atau Terima Mandat?

Belakangan, PSSI melalui Ketua Umum Mochamad Iriawan dan Exco PSSI telah bicara ke media, bahwa Shin Tae-yong hanya fokus di Timnas Indonesia U-19.

Padahal, dengan kualitas STY yang pernah menangani Timnas Korea di Piala Dunia 2018, ia lebih layak menjabat jadi pelatih Timnas senior ketimbang kelompok umur.

"Kalau saya jadi Shin Tae-yong, dengan reputasi yang saya punya, tapi downgrade hanya menangani Timnas U-19 untuk Piala Dunia U-20," ucap Bung Towel di Youtube.

"Dengan embel-embel pemain naturalisasi untuk pemain junior yang belum tentu diterima oleh publik sepak bola Indonesia sebagai sebuah proses pembinaan."

"Dari sudut pandang saya, seandainya saya Shin Tae-yong, maka saya akan menolak menerima keputusan di-downgrade itu, fokus di Timnas U-19, saya akan menolak."

"Menurut saya, lebih baik Shin Tae-yong mundur daripada sekadar menerima penugasan yang jelas-jelas downgrade dengan kapasitas dan reputasinya."

Menurut Bung Towel, andai suatu saat Shin Tae-yong menolak tawaran ini dan memilih mundur dari Timnas Indonesia, maka publik seoak bola tidak akan menyalahkannya.

"Anda tidak akan dipersalahkan karena Anda bukan pesulap, Shin Tae-yong. Anda bukan Superman yang bisa mengubah semua problematika sepak bola Indonesia."

"Problematika sepak bola Indonesia ada bagian lain, bisa dikerjakan Exco, Sekjen, dan Direktur Teknik yang selama ini selalu ada di belakang Anda, Indra Sjafri," ujarnya.

Mochamad Iriawan alias Iwan Bule resmi terpilih sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 sesuai hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11/19).

Kata Ketua Umum PSSI

Beberapa hari yang lalu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menuturkan di Youtube Tommy Desky, bahwa ia akan membujuk Shin Tae-yong untuk fokus ke Timnas U-19.

"Saya ingin dia fokus ke U-20, tapi mungkin dia minta U-20 dan senior. Tapi kembali, kita akan rapatkan dengan yang bersangkutan untuk fokus ke U-20," tegas Iriawan.

"Sehingga nanti betul-betul mempersiapkan U-20 untuk World Cup tahun depan. Yang seniornya, U-23, kita kasih lah ke pelatih lain, kalau memang sepakat," imbuhnya.


indosport.com

Posting Komentar

© Inpost. All rights reserved. Premium By Raushan Design