Kontrak Habis Kelar Piala AFF 2022, Park Hang-seo Gantikan Posisi Shin Tae-yong sebagai Pelatih Timnas Indonesia Senior?



PELATIH asal Korea Selatan, Park Hang seo akan mengakhiri perjalanannya menangani Tim Nasional (Timnas) Vietnam pada akhir tahun ini atau tepatnya setelah ia menyelesaikan Piala AFF 2022. Dengan kontraknya yang sudah habis itu, Park Hang-seo lantas disebut-sebut memiliki kans yang cukup besar untuk bisa menangani Timnas Indonesia.

Saat ini Timnas Indonesia memang masih bertahan dengan Shin Tae-yong dan kontraknya pun baru akan berakhir pada Desember 2023 mendatang. Kendati demikian, sejak dipilih menjadi pelatih Timnas Indonesia senior pada Januari 2020 silam, Shin Tae-yong belum juga berhasil memberikan sebuah gelar untuk skuad Garuda.

Pencapaian terbaik Shin Tae-yong dalam menangani Timnas Indonesia adalah mengantarkan Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan menjadi runner-up di Piala AFF 2020. Lalu bersama Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong juga hanya bisa memberikan medali perunggu pada ajang SEA Games 2021.

Kini Shin Tae-yong pun tengah berusaha membantu Timnas Indonesia lolos dari babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 pada Juni 2022 ini. Andai Timnas Indonesia gagal lolos ke putaran final Piala Asia 2023, maka posisi Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia senior bisa terancam.

Park Hang-seo lantas disebut-sebut menjadi pihak yang akan menggantikan peran Shin Tae-yong. Sebab selama ini Park Hang-seo sudah membuktikan diri mampu membawa Timnas Vienam menjadi salah satu tim terkuat di Asia Tenggara.

Terbaru Park Hang-seong berhasil memberikan medali emas untuk Vietnam di SEA Games 2021. Lalu pada ajang Piala AFF 2018 pun ia mampu mengantarkan tim berjuluk The Golden Star itu juara.

Alasan-alasan itulah yang membuat Park Hang-seo dirasa cocok menangani Timnas Indonesia senior. PSSI pun bisa saja mengontraknya usai Piala AFF 2022 berakhir, sebab Park Hang-seo sempat mengatakan tidak ingin melanjutkan melatih Timnas Vietnam dan juga menangani klub di negara tersebut.

“Saya memilliki satu turnamen penting lagi sebelum meninggalkan Timnas Vietnam, yakni Piala AFF 2022. Ini menjadi turnamen yang berarti bagi saya, mengingat akan menutup karier saya dengan sepakbola Vietnam,” ungkap Park Hang-seo dalam wawancara bersama media Vietna, Thanh Nien, Okezone mengutip dari Soha, Rabu (8/6/2022).

Park Hang-seo

Tentu akan sangat menarik jika Park Hang-seo ditarik menjadi pelatih Timnas Indonesia senior, sementara Shin Tae-yong menangani kelompok umur seperti U-23, U-19, dan U-16.

Kendati demikian, hal tersebut jelas sulit terjadi karena PSSI harus merogoh kocek yang amat besar untuk menggaji dua pelatih asal Korea Selatan tersebut.

OkeZone.com


Posting Komentar

© Inpost. All rights reserved. Premium By Raushan Design