Postingan

Jika Melaju ke Perempatfinal Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Berpeluang Lolos Ke Piala Dunia 2026


Timnas Indonesia berpeluang tampil di Piala Dunia 2026 jika lolos ke perempatfinal Piala Asia 2023. (Foto: PSSI)

ANDAI melaju ke perempatfinal Piala Asia 2023, Timnas Indonesia berpeluang lolos ke Piala Dunia 2026 yang dilangsungkan di Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat. Sekadar diketahui, Timnas Indonesia akan ambil bagian di Piala Asia 2023 yang berlangsung pada 16 Juni hingga 16 Juli 2023.

Peluang Timnas Indonesia untuk berprestasi di ajang empat tahunan itu terbuka lebar. Sebab, selain skuad saat ini semakin matang, Timnas Indonesia juga bakal diperkuat tiga pemain yang saat ini proses naturalisasinya hampir rampung, yakni Sandy Walsh, Jordi Amat dan Shayne Pattynama.


(Sandy Walsh dan Jordi Amat bakal perkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023)

Jumlah pemain naturaliasi dari Eropa bukan tak mungkin bakal bertambah. Hal itu terjadi jika Shin Tae-yong kembali meminta PSSI untuk mendekati sejumlah pemain keturunan. Nama-nama seperti Thom Haye (SC Heerenveen), Emil Audero (Sampdoria) dan Jordy Wehrmann (FC Luzern) bisa diburu.

Piala Asia 2023 sendiri diikuti 24 tim. Setelah fase grup, digelar babak 16 besar. Peluang Timnas Indonesia lolos ke 16 besar cukup besar, mengingat nantinya ada empat tim peringkat tiga terbaik yang diizinkan melaju ke fase gugur.

Andai memenangkan babak 16 besar, Timnas Indonesia otomatis lolos ke perempatfinal. Jika sudah sampai babak ini, Timnas Indonesia boleh bermimpi tampil di Piala Dunia 2026. kok bisa?

Sekadar diketahui, jumlah kontestan Piala Dunia 2026 bakal bertambah 16 tim, dari yang awalnya 32 menjadi 48 peserta. Hal itu berarti, setiap konfederasi mendapat jatah tambahan tim yang lolos ke Piala Dunia dari Federasi Sepakbola Dunia (FIFA).

Ambil contoh Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). FIFA awalnya memberi jatah kepada AFC 4,5 tim. Sebanyak empat tim mendapat lolos otomatis, kemudian 0,5 tim itu bakal tampil di babak playoff antarkonfederasi untuk menentukan tiket lolos. Jika tim tersebut memenangkan babak playoff, Asia bakal diwakili lima tim.


Untuk Piala Dunia 2026, FIFA memberi slot kepada AFC mencapai 8,5 tim atau naik dua kali lipat! Hal itu berarti delapan tim akan lolos ke Piala Dunia, sementara 0,5 tim bakal tampil di babak playoff antarkonfederasi.

Berhubung ada delapan tim yang lolos ke Piala Dunia 2026 dari AFC, Timnas Indonesia boleh bermimpi menyegel salah satu slot tersebut. Tentunya, aksi Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 dapat dijadikan tolok ukurnya.

Jika sanggup lolos ke perempatfinal Piala Asia 2023, peluang Timnas Indonesia unjuk gigi di babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia sangat terbuka. Sebab, pencapaian itu menunjukan kualitas Timnas Indonesia sudah masuk kategori papan atas Asia. Karena itu, menarik menanti aksi tim racikan Shin Tae-yong di Piala Asia 2023.


bola.okezone.com

Posting Komentar

© Inpost. All rights reserved. Premium By Raushan Design