Indonesia vs Kuwait - Kencangkan Sabuk Pertahanan, Elkan Baggott Cs Siap Adu Kepala

Bek Timnas Indonesia Elkan Baggott (kanan atas) coba menyundul bola dalam semifinal leg pertama Piala AFF 2020 melawan Singapura, Rabu (22/12/2021), di Stadion Nasional, Kallang, Singapura.
Bek Timnas Indonesia Elkan Baggott (kanan atas) coba menyundul bola dalam semifinal leg pertama Piala AFF 2020 melawan Singapura, Rabu (22/12/2021), di Stadion Nasional, Kallang, Singapura.


Lini belakang Timnas Indonesia wajib mengencangkan sabuk pertahanan mereka ketika menghadapi Kuwait di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Laga dari Grup A mempertemukan Timnas Indonesia vs Kuwait akan berlangsung di Stadion Internasional Jaber Al Ahmad, Rabu (8/6/2022) pukul 23.15 WIB, live Indosiar.

Kuwait selaku tuan rumah tak memandang remeh kekuatan tempur Timnas Indonesia.

Salah satu permainan skuat asuhan Shin Tae-yong yang diantisipasi Khaled Ibrahim cs ialah taktikal counter attack.


Pemain Timnas Indonesia Elkan Baggott melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Malaysia pada pertandingan sepak bola Grup B Piala AFF Suzuki 2020 antara Malaysia dan Indonesia di Stadion Nasional di Singapura, Minggu (19/12/2021). Indonesia berhasil menekuk Malaysia dengan skor 4-1 dan lolos ke semifinal. TRIBUNNEWS/PSSI (PSSI/)

Selain menyiapkan cara untuk meredam deretan sprinter tim Garuda, Kuwait yang dibesut Vitezslav Lavicka, memiliki taktikal khusus untuk mengalahkan Witan Sulaeman dkk.


Salah satunya melalui skema bola silang maupun crossing.

Kuwait nampaknya sudah mengetahui apa yang menjadi titik lemah permainan tim besutan Shin Tae-yong.


Duel-duel bola udara menjadi kelemahan paling mencolok dari Tim Garuda.

Oleh karena itu, Elkan Baggott, Fachruddin Aryanto hingga Rizky Ridho wajib mengencangkan sabuk pertahanan mereka.

Bagott dan Fachruddin diprediksi menjadi tembok utama di jantung pertahanan Indonesia.

Postur tinggi keduanya bisa menutupi kekurangan dalam hal duel bola udara. Tidak menutup peluang adu kepala terjadi antara pemain bertahan Timnas Indonesia dengan deretan bomber Kuwait.

"Kuwait bekerja untuk mencetak gol melalui bola silang dan crosing sambil membatasi upaya (Timnas Indonesia) menembus pertahanan," tulis media Kuwait, Al Jarida.

Selain itu, peran fullback juga sangat penting untuk memfilter umpan-umpan crosing yang dilepaskan dari sisi flank.

Pratama Arhan dan Asnawi Mangkualam memiliki tugas tersebut, tentunya selain membantu penyerangan.

Anggota tim Indonesia, (baris belakang dari kiri ke kanan) Rachmat Irianto, Alfeandra Dewangga Santosa, Fachruddin Wahyudi Aryanto, Dedik Setiawan, Nadeo Arga Winata, Asnawi Mangkualam Bahar, (baris depan dari kiri ke kanan) Egy Mualana Vikri, Witan Sulaeman, Ramai Melvin Rumakiek, Pratama Arhan Alif Rifai dan Ricky Richardo Kambuaya, berfoto bersama jelang pertandingan leg kedua final sepak bola AFF Suzuki Cup 2020 antara Thailand dan Indonesia di National Stadium, Singapura, 1 Januari 2022. Roslan RAHMAN / AFP (Roslan RAHMAN / AFP)

Oleh karena itu, kedua fullback Timnas Indonesia ini pantang untuk turun ke area belakang ketika Kuwait dalam mode counter attack.

Untuk lapangan tengah, ada tiga gelandang sentral bakal ditempati Rachmat Irianto, Marc Klok dan Ricky Kambuaya.

Rachmat Irianto bisa mengemban tugas sebagai filter pertama arus penyerangan lawan. Tugasnya sebagai gelandang pemotong rumput sangatlah krusial untuk memberikan kenyamanan bagi duet Fachrudin dan Elkan Baggott.

Tiga pemain depan bisa dipercayakan kepada Witan Sulaeman, M Rafli, dan Stefano Lilipaly.

Selain itu, banyak variasi yang bisa dilakukan Shin Tae-yong untuk mempertajam barisan penyerangan.

Di antaranya lewat kehadiran Terens Puhiri, Dimas Drajad maupun Irfan Jaya.

Harapannya, tim Garuda tidak hanya menampilkan permainan menyerang lewat serangan balik.

Akan tetapi juga mampu mendikte jalannya pertandingan, sehingga peluang yang tercipta semakin banyak untuk dikonversikan menjadi gol.

Prediksi Susunan Pemain

Timnas Indonesia

Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Elkan Baggott, Pratama Arhan; Rachmat Irianto, Marc Klok, Ricky Kambuaya; Witan Sulaeman, Stefano Lilipaly, Muhammad Rafli/Dimas Drajad.

Timnas Kuwait

Aid Al Khaldi; Sami Al Sanea, Fahad Al Hajeri, Al Fadhli, Ahmed Al Dhefiri; Ayedh, Faneeni, Abujabarah, Fahad Al Ansari, Eid Al Rashidi; Ebrahim Kameel.


m.tribunnews.com

Posting Komentar

© Inpost. All rights reserved. Premium By Raushan Design