Ernando Ari Gagalkan 2 Penalti Pemain Malaysia, Timnas Indonesia U-23 Cetak Sejarah di SEA Games!

Ernando Ari gagalkan dua eksekusi penalti pemain Timnas Malaysia U-23. (Foto: REUTERS/Navesh Chitrakar)

ERNANDO Ari Sutaryadi menjadi pahlawan kemenangan Timnas Indonesia U-23 atas Timnas Malaysia U-23 di perebutan medali perunggu SEA Games 2021, Minggu (22/5/2022) sore WIB. Kiper milik Persebaya Surabaya itu menggagalkan dua penalti pemain Timnas Malaysia U-23 di babak adu penalti.

Dua pemain Timnas Malaysia U-23 yang eksekusinya ditepis Ernando Ari adalah Muhammad Hadi Fayyadh dan Luqman Hakim. Untuk pemain yang disebut terakhir, mentas di kasta teratas Liga Belgia bersama KV Kortrijk.

(Ernando gagalkan penalti Muhammad Hadi Fayyadh)

Sementara itu, dari lima eksekusi penalti yang dilepaskan pemain Timnas Indonesia U-23, hanya satu yang gagal menemui sasaran. Tembakan Asnawi Mangkualam membentur mistar gawang.

Kemudian, empat eksekutor lainnya menghasilkan gol. Sebut saja Muhammad Ridwan, Marselino Ferdinan, Saddil Ramdani dan Marc Klok. Alhasil, Timnas Indonesia U-23 menang 4-3 atas Timnas Malaysia U-23 via adu penalti.

Sebelumnya, di waktu normal skor sama kuat 1-1. Gol Malaysia dikemas Muhammad Hadi Fayyadh, sedangkan gol Timnas Indonesia U-23 dilesakkan Ronaldo Kwateh.

Kemenangan ini membuat Timnas Indonesia U-23 mencetak sejarah. Untuk pertama kali di perebutan medali perunggu, Timnas Indonesia menang atas Malaysia.

Dalam dua pertemuan sebelumnya di perebutan medali perunggu SEA Games, skuad Malaysia selalu menang atas Timnas Indonesia. Momen pertama tersaji di perebutan posisi tiga SEA Games 1985 yang digelar di Thailand.

Malaysia dan Indonesia bertemu setelah sama-sama kalah dari lawan mereka masing-masing di semifinal. Indonesia tumbang 0-7 dari Thailand, sedangkan Malaysia kalah adu penalti dari Singapura dengan skor 5-6. Sebelumnya di waktu normal, skor sama kuat 2-2.

Alhasil, Malaysia dan Indonesia pun bertemu di perebutan posisi tiga. Hasilnya, Malaysia menang 1-0 via gol tunggal Lim Teong Kim pada menit 67.

Momen kedua tersaji di semifinal SEA Games 2005. Saat itu, Timnas Indonesia U-23 dan Timnas Malaysia U-23 bersua setelah sama-sama kalah di semifinal. Timnas Indonesia U-23 dikalahkan Timnas Thailand U-23 dengan skor 1-3. Sementara itu, Malaysia tumbang 1-2 dari Vietnam.

Singkat kata, Timnas Malaysia U-23 dan Timnas Indonesia U-23 saling berdua. Hasilnya, Timnas Malaysia U-23 menang 1-0 atas Indonesia via gol tunggal yang dilesakkan Khairul Azmi.

Hasil ini merupakan modal jelang turun di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung di Kuwait pada 8-14 Juni 2022. Timnas Indonesia wajib finis sebagai juara grup saat bersua Kuwait, Yordania dan Nepal untuk mengamankan tiket otomatis ke putaran final Piala Asia 2023.


bola.okezone.com

Posting Komentar

© Inpost. All rights reserved. Premium By Raushan Design