Postingan

5 Pesepak Bola Indonesia yang Bikin Heboh Dunia, Nomor 1 Permalukan AC Milan

Terens Puhiri, 1 dari 5 pesepak bola Indonesia yang bikin heboh dunia. (Foto: Laman resmi Borneo FC)

SEBANYAK 5 pesepak bola Indonesia yang bikin heboh dunia akan dibahas dalam artikel ini. Pemain-pemain Indonesia memang belum berkesempatan mentas di level elite Eropa seperti Liga Inggris, Liga Italia dan Liga Spanyol.

Namun, bukan berarti tak ada pesepak bola Indonesia yang bikin heboh dunia lewat prestasi yang mereka capai. Lantas, siapa saja pesepak bola Indonesia yang dimaksud?

Berikut 5 pesepak bola Indonesia yang bikin heboh dunia:

5. Widodo C. Putro

Widodo C Putro sempat membuat gol fenomenal saat Timnas Indonesia menghadapi Kuwait di matchday pertama Grup A Piala Asia 1996. Memanfaatkan umpang silan Rony Wabia, Widodo C Putro membuat gol fenomenal yakni melepaskan tendangan salto dari luar kotak penalti!

Selang 24 tahun, Widodo C Putro mendapat penghargaan. Dalam voting yang dilakukan laman Konfederasi Sepakbola Asia (AFC), gol Widodo C Putro itu dinobatkan sebagai gol terbaik di Asia.

4. Elkan Baggott

Elkan Baggott berpotensi menjadi pesepakbola pertama Indonesia yang merumput di salah satu kompetisi elite Eropa, Liga Inggris (Premier League). Ia saat ini berstatus kapten Ipswich Town U-23.

Setelah musim lalu menjalani debut di tim senior, Elkan Baggott beberapa kali juga dibawa ke bangku cadangan saat Ipswich Town melakoni pertandingan di League One atau kasta kedua sepakbola Inggris musim ini.

Media asal Inggris, The Sun, sempat kaget dengan sosok Elkan Baggott. Sebab, Elkan Baggott memiliki followers di Instagram (1 juta) yang jauh lebih banyak ketimbang Ipswich Town (113 ribu).

3. Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam sempat membuat heboh dunia, setidaknya di kawasan Asia Tenggara. Aksinya yang mengucapkan kata “terima kasih” kepada pemain Timnas Singapura yang gagal mengeksekusi penalti, Faris Ramli, viral di media sosial.

Sejumlah media Singapura salah satunya Mothership, mengutuk keras aksi Asnawi Mangkualam. “Not Cool Bro,” tulis Mothersip dalam artikel berjudul ‘Kapten Indonesia Mengejek Faris Ramli yang Gagal Mengeksekusi Penalti di Semifinal Piala AFF’.

Aksi Asnawi Mangkualam mendapat perhatian pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Pelatih asal Korea Selatan itu mengaku takkan lagi memanggil Asnawi Mangkualam jika mengulangi hal yang sama.

2. Terens Puhiri

Terens Puhiri sempat membuah heboh dunia. Hal itu tepatnya saat pemain asal Jayapura ini mencetak gol saat sang klub, Borneo FC, menghadapi Mitra Kukar di pekan ke-31 Liga 1 2017.

Lewat serangan balik, Terens Puhiri mengungguli lari bek Mitra Kukar. Padahal, bek Mitra Kukar berlari lebih dulu. Tahu kalah lari, pemain belakang Mitra Kukar itu berniat menekel Terens Puhiri, namun gagal.

Pada akhirnya, Terens Puhiri tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Mitra Kukar, Gerri Mandagi. Dengan tenang, Terens Puhiri melewati Mandagi untuk menceploskan bola ke gawang kosong.

Gol ini pun dibahas media asing, salah satunya media asal Brasil, Globe Esporte. Mereka menyebut kecepatan lari Terens Puhiri layaknya pemegang rekor dunia lari 100 meter, Usain Bolt.

Sementara itu, media asal Inggris Daily Mail juga melempar pujian. Ia menyebut kecepatan lari Terens Puhiri melebihi Leroy Sane yang saat itu masih membela Manchester City.

1. Rochi Putiray

Indonesia sempat memiliki penyerang bernama Rochi Putiray. Ia tercatat 41 kali membela Timnas Indonesia dengan koleksi 17 gol. Karier Rochi Putiray pun tak hanya berkutat di sepakbola lokal.

Rochi Putiray pernah berkarier di Liga Hong Kong bersama Happy Valley dan Kitchee SC. Saat membela Kitchee SC itulah, Rochi Putiray mencetak salah satu pencapaian tertinggi dalam hidupnya.

Dalam laga uji coba Kitchee vs AC Milan yang digelar di Hong Kong pada pengujung Mei 2004, Rochi Putiray mencetak dua gol! Hebatnya berkat gol dari Rochy, Kitchee menang 2-1 atas AC Milan.

Meski mayoritas pemain AC Milan sedang bersiap tampil di Piala Eropa 2004, pemain-pemain top mereka tetap ikut serta seperti Andriy Shevchenko, Serginho hingga sang kapten, Paolo Maldini.


bola.okezone.com

Posting Komentar

© Inpost. All rights reserved. Premium By Raushan Design