Postingan

5 Pesepak Bola Berdarah Maluku yang Pernah Jadi Bintang Dunia

Ekspresi pelatih Feyenoord Rotterdam keturunan Maluku, Giovanni van Bronckhorst, usai memenangkan trofi Liga Belanda. [Twitter@Feyenoord]

Sepak bola Indonesia boleh saja tertinggal dari negara-negara lain termasuk untuk kawasan Asia Tenggara, tetapi darah Indonesia yang mengalir di setiap pesepak bola dunia sudah mengguncang dunia.

Salah satunya pemain dengan darah keturunan Maluku, beberapa pemain keturunan asal Sulawesi ini sukses menjadi legenda di sepak bola Belanda dan beberapa klub besar lain.

Meski tak secara langsung menyebut nama Indonesia, namun pemain keturunan ini dianggap tetap membuat orang-orang Maluku merasa bangga.

Berikut lima pemain keturunan Maluku yang sukses menjadi bintang sepak bola dunia dan membuat bangga Indonesia.

Pernah bermain untuk Ajax Amsterdam dan Manchester City hingga AC Milan, kenangan yang paling diingat tentang Nigel de Jong mungkin sepakan kung fu di Piala Dunia 2010.

Terlepas dari itu, Nigel De Jong merupakan salah satu pemain Eropa asal Belanda dengan keturunan Indonesia dan berdarah Maluku.

Diketahui bahwa ibu kandung Roy Makaay berasal dari Indonesia, sosoknya pernah menjadi striker hebat penghias timnas Belanda.

Roy Makaay juga merupakan sosok di balik kesuksesan Deportivo La Coruna merengkuh gelar Liga Spanyol pada 1999-2000.

Torehan luar biasa lain dicatatkan Makaay dengan menempatkan dirinya sebagai pencetak gol tercepat di Liga Champions saat berhadapan dengan Real Madrid pada musim 2006-2007.

Saat itu Makaay mencetak gol dalam waktu 10,1 detik, hingga saat ini gol tercepat itu belum ada yang mampu menyamai atau bahkan memecahkannya.

Landzaat menjadi pemain Belanda selanjutnya yang memiliki darah Indonesia, tepatnya Maluku berasal dari sang ibu.

Kariernya di sepak bola Belanda cukup mentereng, pernah bermain untuk AZ Alkmaar, MVV Maastricht, Feyenoord bahkan hingga Ajax Amsterdam.

Puncak kariernya bisa dibilang saat bermain di Liga Inggris, tepatnya untuk Wigan Athletic medio 2006-2008.

Mantan pemain Ajax Amsterdam yang pernah meraih gelar juara Liga Belanda ini juga merupakan pemain keturunan Indonesia berdarah Maluku.

Ibu dari Demy de Zeeuw berasla dari Maluku, selain bermain untuk Ajax, sejumlah klub top juga pernah ia bela seperti NAC Breda, Go Ahead Eagles dan AZ Alkmaar.

Sepakan spektakuler Van Bronckhorst saat Belanda berjumpa Urugay di ajang Piala Dunia 2010 tentu menjadi salah satu yang spektakuler dalam kariernya.

Van Bronckhorst termasuk salah satu pemain timnas Belanda yang sukses di Eropa, khususny asaat membela Barcelona selama empat tahun.

Medio tersebut membuatnya sukses meraih gelar Liga Spanyol dan Liga Champions, darah Indonesia tepatnya dari Maluku mengalir dalam nadinya.

Diketahui bahwa ibu Van Bronckhorst yang berasal dari Maluku bernama Fransien Sapulette dan ayah yang asli berasal dari Belanda.


suara.com

Posting Komentar

© Inpost. All rights reserved. Premium By Raushan Design