Postingan

Prahara Sepakbola Thailand: Timnas U-19 Kandas di Piala AFF U-19 2022, Timnas U-23 Tersandung Skandal Pelecehan Seksual

Timnas Thailand U-19 hanya mampu menyegel peringkat 4 di Piala AFF U-19 2022 (Foto: Twitter/@Changsuek_TH)

SEPAKBOLA Thailand nampaknya sedang tidak baik-baik saja. Hal itu bisa disimpulkan dari beberapa masalah yang melanda Timnas Thailand, baik U-19 dan U-23.

Sebagaimana diketahui, Timnas Thailand U-19 tengah terpuruk setelah gagal melangkah ke final Piala AFF U-19 2022. Bermain di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Rabu 13 Juli 2022, mereka dikalahkan Laos U-19 0-2.

Lebih buruknya lagi, Timnas Thailand U-19 juga gagal di perebutan tempat ketiga Piala AFF U-19 2022. Setelah imbang 1-1 dalam 90 menit, Gajah Perang Muda dikalahkan Vietnam U-19 dalam adu penalti.

Selain itu, Timnas Thailand U-19 juga sempat diduga main mata dengan Vietnam U-19 pada pekan pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022. Imbasnya, Timnas Indonesia U-19, yang unggul jauh secara selisih gol, gugur.

Segudang masalah itu ternyata belum selesai. Baru-baru ini, Timnas Thailand U-23 dikabarkan tersandung skandal pelecehan seksual. Menurut laporan Siam Sport, Jumat (15/7/2022), Federasi Sepakbola Thailand (FAT) kini tengah melakukan penyelidikan.

Diduga, ada skandal pelecehan seksual di tubuh Timnas Thailand U-23. Kasus ini terjadi saat Timnas Thailand U-23 tengah merayakan gelar juara pada 13 Juni 2022 lalu. Akan tetapi, kasus ini terungkap tiga hari kemudian, tepatnya 16 Juni 2022.

Ketika itu, ada laporan kepada FAT yang menyatakan ada tutur dan tindakan pelecehan dalam Timnas Thailand U-23. Nahasnya, tindak pelecehan ini diduga dilakukan oleh asisten dari Nualphan Lamsam atau dikenal sebagai Madam Pang yang merupakan Manajer Timnas Thailand.

FAT langsung melakukan penyelidikan mendalam mengenai dugaan kasus pelecehan dalam Timnas Thailand U-23. FAT mengatakan, akan langsung mengirim laporan kepada Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) jika sudah mendapat titik terang kasus itu.

"Kasus pemain Thailand U-23 yang dilecehkan secara seksual menciptakan efek negatif, merusak citra FAT, unit yang menerima perlindungan Keluarga Kerajaan Thailand,” tulis pernyataan FAT, dikutip pada Jumat (15/7/2022).

“Oleh karena itu, komisi Komite investigasi akan turun tangan untuk mengklarifikasi dan mencari kebenaran. Sebuah laporan tentang insiden ini akan dikirim ke AFC," sambung pernyataan resmi itu.

Menyusul pernyataan FAT, Madam Pang mengatakan siap bekerja sama untuk mengusut kasus ini dengan serius. Wanita berusia 56 tahun itu menegaskan tidak akan segan menghukum anak buahnya jika terbukti terlibat kasus pelecehan seksual itu.

“Pang, yang memiliki cinta tulus untuk sepak bola selama 15 tahun, khawatir dengan apa yang terjadi. Dengan mengundang bawahan ini, untuk memberikan peringatan segera setelah mengetahui kejadian tersebut bahkan karena tidak disengaja Pang mengakui hasil pertimbangan tersebut,” kata Madam Pang dikutip dari Siam Sport, Jumat (15/7/2022).

“Dan siap untuk memenuhi kerjasama dengan asosiasi ketat sesuai pesanan baik di level tim nasional Thailand dan level klub untuk menjaga citra yang baik dan kesucian Asosiasi Sepak Bola Thailand di bawah perlindungan kerajaan,” sambungnya.

“Konfirmasikan itu, sebagai manajer tim nasional Thailand Bersedia bekerja sama dengan asosiasi dalam segala aspek, saya yakin ini akan menjadi pelajaran penting bagi tim untuk dipelajari. memperbaiki dari masa lalu agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi,” pungkasnya.


bola.okezone.com

Posting Komentar

© Inpost. All rights reserved. Premium By Raushan Design