Postingan

4 Pemain Keturunan Indonesia yang Pernah Kalahkan Timnas Indonesia dengan Seragam Negara Lain,No 1 Legenda MU

Berikut 4 pemain keturunan Indonesia yang kalahkan Timnas Indonesia dengan seragam negara lain. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

SEBANYAK 4 pemain keturunan Indonesia yang pernah kalahkan Timnas Indonesia dengan seragam negara lain akan dibahas dalam artikel ini. Di berbagai belahan negara lain, terdapat sejumlah pesepakbola yang ternyata memiliki darah Indonesia.

Meski memiliki darah Indonesia, si pesepakbola tidak memilih Indonesia sebagai tim nasional yang dibela. Lantas, siapa saja pemain yang dimaksud?

Berikut 4 pemain keturunan Indonesia yang pernah kalahkan Timnas Indonesia dengan seragam negara lain:

4. Mahalli Jasuli

Mahalli Jasuli merupakan eks fullback kanan Timnas Malaysia. Ia beberapa kali mengalahkan Timnas Indonesia, seperti di final Piala AFF 2010 dan partai puncak SEA Games 2011.

Selain itu, gol Mahalli Jasuli ke gawang Indonesia di Piala AFF 2012 juga menghentikan langkah skuad Garuda di fase grup. Ternyata setelah ditelisik lebih jauh, orangtua Mahalli Jasuli yakni Jazuli dan Masyura berasal dari Pulau Bawean, Gresik.

Hanya saja, kedua orangtuanya ini bekerja di Malaysia sejak dulu sehingga Mahalli Jasuli mendapatkan kewarganegaraan Malaysia.

3. Noh Alam Shah

Kakek dari ibu Noh Alam Shah berasal dari Pulau Bawean, Gresik. Namun, ia tak membela Indonesia melainkan bersinar bersama Timnas Singapura. Top skor Piala AFF 2007 itu beberapa kali menyakiti Timnas Indonesia.

Ia merupakan bagian saat Singapura mengalahkan Timnas Indonesia dengan agregat 2-5 di partai puncak Piala AFF 2004. Kemudian, eks penyerang Arema ini juga membantu Singapura menang 2-0 atas Indonesia di Piala AFF 2008.

2. Ikhsan Fandi

Berbeda dengan nama lain, Ikhsan Fandi tidak mengalahkan Timnas Indonesia, melainkan hanya membobol gawang skuad Garuda. Ia mengemas satu gol saat Singapura bermain 1-1 kontra Timnas Indonesia di leg I semifinal Piala AFF 2020.

Setelah ditelisik lebih dalam, Ikhsan Fandi memiliki darah Indonesia. Kakek dari ayahnya yakni Fandi Ahmad, ternyata berasal dari Pacitan, Jawa Timur.

1. Robin van Persie

Nenek Robin Van Persie dari sang ibu ditengarai berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Hal itu berarti, legenda Manchester United ini memiliki darah Indonesia di tubuhnya.

Pemain yang membantu Manchester United juara Liga Inggris 2012-2013 ini tercatat pernah mengalahkan Timnas Indonesia. Momen itu terjadi saat Timnas Belanda menghadapi Timnas Indonesia di laga uji coba yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada 7 Juni 2023.

Dalam laga tersebut, Robin Van Persie mentas sebagai starter. Hanya saja dalam kemenangan 3-0 Belanda atas Indonesia, Van Persie gagal mencetak gol. Saat itu, gol-gol Timnas Belanda dikemas brace Siem de Jong dan satu bola lainnya dari Arjen Robben.

bola.okezone.com

Posting Komentar

© Inpost. All rights reserved. Premium By Raushan Design