Dibantu Jordi Amat dan Sandy Walsh, Shin Tae-yong Balas Thailand di Kualifikasi Piala Asia?

Shin Tae-yong bisa balas dendam ke Thailand di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Foto: Laman resmi Piala AFF 2020)


Tim Nasional (Timnas) Indonesia kalah 0-4 dari Thailand di leg I final Piala AFF 2020, Rabu 29 Desember 2021 malam WIB. Untuk menjadi juara Piala AFF 2020, Timnas Indonesia wajib menang dengan selisih lima gol saat kembali bertemu Thailand di leg II final Piala AFF 2020, Sabtu 1 Januari 2022 malam WIB.

Jika Timnas Indonesia masih menampilkan performa layaknya laga semalam, sulit bagi skuad asuhan Shin Tae-yong membalikkan keadaan. Terlebih, Thailand tampil solid di Piala AFF 2020 yang mana baru kemasukan satu kali dalam tujuh pertandingan.



Andai Timnas Indonesia gagal membalikkan keadaan di leg II final Piala AFF 2020, masih ada waktu lain bagi skuad Garuda untuk membalaskan dendam. Salah satu momennya tercipta di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung 8-14 Juni 2022.

Sekadar informasi, pada 8-14 Juni 2022 bakal digelar babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023. Nantinya, ada 24 negara yang dibagi ke dalam enam grup. Juara dan lima runner-up terbaik berhak lolos ke Piala Asia 2023.

Rencananya pada Februari 2023, drawing babak ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023 digelar. Jika mengacu kepada ranking Desember 2021, Timnas Indonesia dan Thailand berpotensi satu grup, mengingat mereka bakal ditempatkan di pot yang berbeda.

Berdasarkan ranking saat ini, Thailand menempati pot dua. Sementara itu, Timnas Indonesia berada di pot empat.

Jika benar satu grup dengan Thailand, Timnas Indonesia bakal datang dengan kepercayaan diri tinggi. Sebab, di laga tersebut komposisi pemain Timnas Indonesia diprediksi jauh lebih dahsyat ketimbang saat ini.

(Sandy Walsh segera bela Timnas Indonesia)

Timnas Indonesia hampir pasti diperkuat tiga pemain keturunan tambahan, yakni Jordi Amat, Sandy Walsh dan Mees Hilgers. Menurut Exco PSSI yang dipercaya untuk mengurus proses naturalisasi tiga nama di atas, Hasani Abdulgani, proses pengumumpulan dokumen Sandy Walsh dan Jordi Amat sudah 90 persen.

Sementara itu, untuk Mess Hilgers masih dalam pengumpulan data. Bahkan, Timnas Indonesia juga berpotensi diperkuat pemain keturunan lain yakni Ragnar Oratmangoen yang kini turun di kasta teratas Liga Belanda bareng Go Ahead Eagles.

“Sampai hari ini document yg sudah 90% lengkap baru dari Jordi Amat dan Sandy Walsh. Sedangkan Mees Hilgers belum lengkap. Sedangkan Oratmangoen belum kasih kabar,” kata Hasani Abdulgani di akun Instagram-nya medio pekan lalu.

Tidak hanya pemain keturunan, Timnas Indonesia juga bakal diperkuat pemain naturalisasi asal Belanda yang kini memperkuat Persib Bandung, Marc Klok. Tentunya, betapa berbahanya skuad Timnas Indonesia di pertengahan tahun depan saat mentas di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Posting Komentar

© Inpost. All rights reserved. Premium By Raushan Design